Sabtu, 11 Juni 2011

Arti Bulan Ramadhan

UNTUK dapat memahami arti bulan Ramadhan, kita bisa menelusuri dari berbagai sebutan yang melekat pada bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan juga dikenal dengan banyak sebutan nama. Semua nama ini menunjukkan tentang makna dari bulan Ramadan. Di antara berbagai nama yang sering digunakan untuk menyebut bulan Ramadan        adalah:

1. Syahrut-Tarbiyah (Bulan Pendidikan) : Bulan Ramadhan disebut dengan syahrut Tarbiyah atau bulan pendidikan, karena pada bulan ini kita dididik langsung oleh Allah swt. Seperti makan pada waktunya sehingga kesehatan kita terjaga. Atau kita diajarkan oleh Allah swt supaya bisa mengatur waktu dalam kehidupan kita. Kapan waktu makan, kapan waktu bekerja, kapan waktu istirahat dan kapan waktu ibadah. Kita juga dididik untuk        biasa bersabar dengan menahan lapar dan haus.

2. Syahrul Jihad (Bulan Bersungguh-sungguh dan Berjuang) : Pada masa Rasulullah justru peperangan banyak terjadi pada bulan Ramadhan dan itu semua dimenangkan kaum muslimin. Yang paling penting untuk kita sekarang pada bulan Ramadhan adalah kita berjihad melawan hawa nafsu sendiri, sehingga kita tetap bersungguh-sungguh menjalan aktifitas kita.Kita dituntut untuk terus mampu melawan hawa nafsu kita yang akan menjerumuskan          kita    dalam          kemaksiatan dan kehinaan.

3. Syahrul Qur’an (Bulan Alquran) : Alquran pertama kali diturunkan pada bulan Ramadhan dan pada bulan ini kita dianjurkan untuk banyak membaca dan mengkaji kandungan Alquran, sehingga kita paham dan mengerti tentang aturan Allah yang terkandung di dalamnya. Dengan membaca Alquran di bulan Ramadhan, kita akan mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT.

4. Syahrul Ukhuwah (Bulan Persaudaraan) : Pada bulan ini kita merasakan sekali ukhuwah di antara kaum muslimin terjalin sangat erat dengan selalu berinteraksi di masjid atau musalla untuk melakkukan sholat berjamaah. Dan di antara tetangga juga saling mengantarkan makanan untuk berbuka sehingga antara kaum muslimin terasa sekali kebersamaan dan kesatuan kita. Kita harus memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak silaturahmi dalam rangka meningkatkan persaudaraan.

5. Syahrul Ibadah (Bulan Ibadah) : Bulan Ramadhan disebut juga dengan bulan ibadah karena pada bulan ini kita banyak sekali melakukan ibadah-ibadah sunnah disamping ibadah wajib seperti shalat sunnat dhuha, rawatib dan tarawih ataupun qiyamullail serta tadarusan Alquran. Bahkan kitapun harus meniatkan bahwa bekerja mencari nafkah juga adalah ibadah. Termasuk dalam ibadah kita adalah bersungguh-sungguh dalam membangun dan memperbaiki kehidupan   bangsa.

6. Syahrul Muwasah (Bulan Menolong) : Bulan Ramadhan disebut dengan bulan memberi pertolongan, karena pada bulan ini kita dianjurkan untuk banyak memberi sedekah kepada orang-orang yang tidak mampu. Pada bulan ini kita dianjurkan untuk banyak memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang sedang berpuasa, khususnya untuk orang-orang miskin. Pada akhir bulan Ramadhan pun kita diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa Ramadhan kita. Menolong orang yang sedang mengalami kesulitan di bulan Ramadhan ini memiliki nilai pahala yang  tinggi.

Tidak ada komentar: